Selasa, 26 Mei 2015

Cara Mudah Belajar Lick Gitar Melodi

Cara Mudah Belajar Lick Gitar Melodi

 

Music merupakan suatu hal yang tidak atau samaskali tidak dapat dipisahkan dari lingkungan kehidupan kita khususnya mereka yang maniak-maniak music(seperti aku..hehehehe).hal yang menarik dari music itu sendiri ialah bagaimana music itu tercipta atau diciptakan dari berbagai bahan dan meterial-material dimana material tersebut menghasilkan berbagai nada-nada sesuai dengan kepadatan materil yang ada didalamnya.dengan demikian maka dibutuhkan skill tersendiri untuk dapat mengharmonisasikan nada yang satu dengan yang lain.

           ok,disini kita akan membahas bagaimana cara memainkan atau teknik salah satu dari benda yang menghasilkan nada-nada yaitu GITAR.ya,gitar merupakan sebuah alat music yang sangat-sangat berpengaruh dalam dunia permusikan.tapi apakah semua tau dan mengerti bagaimana memainkan benda tersebut.pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi ilmu seadanya ala aku,walaupun gak bagus-bagus amat tapi tidak ada salahnya teman-teman mencoba gayaku ini.
          ok,hal yang akan saya bagikan yaitu bagaimana cara membuat sebuah lick melody dengan tangga nada major maupun minor.untuk lebih jelasnya mari kita bahas apa itu tangga nada major dan minor.

1. Major Scale dapat dikatakan sebagai Mother Of Scale, hal ini disebabkan banyak tangga nada yang     berawal dari tangga nada mayor, seperti contohnya Minor Scale,Blues Scale, Major Pentatonic, Minor Pentatonic, dan lain sebagainya. Itulah sebabnya seorang pemain pitch instrumen wajib memahami Major Scale sebagai pengetahuan dasar tangga nada.
        Contoh: tangga nada C major(C-D-E-F-G-A-B)untuk nada E   ke F hanya naik stengah,yang lain  naik satu.
           Nah,kebanyakan pasti bingung gimana cara mengkombinasikan dari beberapa not nada tersebut dapat  tersinkronisasi datu sama lainnya,hal yang sering aku lakuin ketika belajar tangga nada tersebut yaitu    simple aja,cobalah untuk mengambil nada yang dekat dengan C,misalnya: C-F-G atau C-E-F-G,sedangkan nada sisanya gunakan untuk menghubungkan note-note tersebut.agar terdengar merdu gunakanlah teknik bending atau pull off,hammer on dan  berbagai teknik dalam bermain gitar.
dibawah ini adalah contoh lick melodi dari scale C major,dimulai dari note C yang berwarna hijau dan diakhiri dengan E yang berwarna hijau juga,untuk nada yang berwarna merah sebagai penghubung agar terdengar harmonic.
gambar untuk major scale
 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjjdJvlOZcChZkLB_Imb0M8zXzLLzcDiC5amgXiTkkMMK9BncvGYRZrvSKmhjj2Ny2OdPqp605ETE0Je6IRcj9NIkowCtD30IBgDcaaFa1Y_stEB9DzeTLXOUVRoS93HOTT8wzjxx1J1mc/s1600/major.jpg 
 
2. Minor scale
 Contoh:tangga nada C minor(C-D-D#-F-G-G#-A#)untuk D dan   D# naik stengah sama halnya dengan G#  dan A#.lainnya   naik satu.

        gambar dibawah ini merupakan sebuah contoh lick melody menggunakan minor scale dimana diawalai dari C yang berwarna hijau dan diakhiri dengan G yang berwarna hijau,sedangkan untuk note yang berwarna merah di gunakan sebagai penghubung agar terdengar harmonic.
gambar untuk minor scale:
 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjbYZ-2czw4zFfrArAHbaYIwHlX6BstFgsy2YZfV_RvHhhe0-brEk4LH8eFcGaaxm91TyN2IPFfrkrCwtVwM5rqIXNNZMk6u6dlEilKCgOclNvkOALVbYmSU9qntUml0yAtMunaooldVns/s1600/min.jpg

About the Author

Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

Posting Komentar

1000 $ Dolar Gratis


Percakapan Obrolan Berakhir

Dolar Gratis1000 $


Percakapan Obrolan Berakhir

BitCoin

Weekend Bitcoins

 
Bitacademy Forex Indonesia © 2015 - Blogger Templates Designed by Templateism.com