Selasa, 26 Mei 2015

Belajar Teknik-teknik Gitar

Belajar Teknik-teknik Gitar 

 

Seorang gitaris wajib bisa menguasai berbagai macam teknik pada gitar, karena teknik ibarat kaki untuk berjalan. Saya akan menjelaskan macam-mam teknik gitar, silahkan baca lalu pahami pengertian dan macam-macam teknik pada gitar dibawah ini. pelan-pelan yang penting paham: 

1. Teknik bending adalah teknik dimana jari menaikkan senar pada fret tertentu(bebas dimana anda ingin menaikkan nada) sehingga menghasilkan nada sama dengan nada diatasnya. Contoh jari kita memetik senar no 3 kolom 7 (nada D) kemudian angkat senar sampai nada yang dihasilkan sama dengan nada pada kolom 9 (E), itulah yang dinamakan teknik bending (Ingat brow senar no 1 adalah senar paling bawah pada gitar).

2. Pick slide adalah sebuah teknik ketika anda memetik senar menggunakan sisi pick, sehingga muncul suara gerit/seret(scratch) biasa di sebut dengan cooking.

3. Tapping adalah teknik menggunakan ujung jari (bebas) lalu ketuklah dan petik sekaligus not yang ingin dibunyikan pada fretboard.

4. Trill adalah teknik berpindah dengan cara bergantian dengan cepat antara nada not awal dan kedua menggunakan teknik hammer on dan pull off.

5. Pull off adalah teknik dimana jari ditempatkan bebarengan dengan not-not yang ingin dibunyikan. Petik not awal, tarik jari pertama anda(yang memetik not awal) untuk membunyikan not berikutnya.

6. Slide adalah teknik memetik nada pertama lalu geser jari  anda pada not berikutnya lebih rendah atau tinggi terserah anda karena sama saja.

7. Hammer on adalah gaya teknik petik pada nada yang lebih rendah menggunakan teknik picking lalu bunyikan nada yang lebih tinggi tanpa harus picking.
8. Vibrato adalah teknik menggetarkan senar dengan menggunakan bending naik turun secara cepat.
9. Pre bend and release adalah teknik bending terlebih dahulu dengan menaikkan nada 1/2 atau 1, lalu petiklah dengan di iringi bending lagi hingga bunyinya balik ke nada awal.
10. Unison bend adaah bending dua buah nada secara bersamaan.
11. Pre bend adalah teknik bending terlebih dahulu dengan menaikkan nada 1/2 atau 1, lalu petiklah.
Tremolo bar adalah teknik memakai tremolo/whammy bar, turunkan not pada tablature sejauh yang ditunjukkan, lalu balikkan lagi ke not awalnya.
12. Wide atau exaggerated vibrato adalah teknik bending naik turun lebih kuat dari pada vibrato biasa.
13. Natural harmonic adalah teknik membunykan nada dengan menyentuh ringan ( istilahnya seperti mencolek ) dengan jari kiri hingga berbunyi ting sepert sebuah lonceng.
14. Artificial harmonic adalah teknik membunyikan nada biasa, tapi pada sisi tangan kanan diiringi dengan sisi jempol, atau jari, dengan volume tingkat efek distorsi tinggi akan menghasilkan bunyi decit harmonic.
15. Sweeping adalah teknk menyapu artinya  picking searah misal 3 senar kebawah 3, harus down. keataspun juga sebaliknya
16. String skipping adalah teknik mendapatkan suara dengan cara melewatkan/melompati satu atau beberapa senar gitar sekaligus.
17. Muffled strings adalah teknik memposisikan jari ke fretboard dengan power yang kurang sehingga menghasilkan sound percussive
18. Alternatif picking adalah teknik memetik senar pada gitar dengan cara up down up down.
19. Double stop / Double not teknik memainkan  dua nada sekaligus secara bersamaan.
Itu adalah macam-macak teknik pada gitar, tentu masih banyak lagi. Tulisan diatas merupakan teknik umum,

 

About the Author

Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

Posting Komentar

1000 $ Dolar Gratis


Percakapan Obrolan Berakhir

Dolar Gratis1000 $


Percakapan Obrolan Berakhir

BitCoin

Weekend Bitcoins

 
Bitacademy Forex Indonesia © 2015 - Blogger Templates Designed by Templateism.com